Jumat, 22 April 2011

SEHAT menjadi VEGETARIAN

Seorang Vegetarian itu menurutQ, Seorang yang sering makan makanan yang berasal dari tumbuhan (nabati). Q sejak kecil sering diberikan menu sayuran dan buah,sampai sekarang Q suka banget makan semua sayuran, Q bukan seorang Vegetarian sejati, tapi Q sering disamain sama kambing (hewan herbivora) sama teman-temanQ. gara-garanya Q suka sayur, motto Q "Tiada makan tanpa sayur". Selama Q suka makan sayur-mayur dan bahan makanan dari tumbuhan, Q tak pernah mengeluhkan masalah pada kesehatanQ (Alhamdulillah). BadanQ serasa segar setiap saat. Nah, apalagi seorang Vegetarian itu penyelamat bumi (cieee..cieee). Bumi sudah banyak polusi, ozon menipis, pemanasan global. Kesadaran akan bumi yang semakin tua dan rapuh. Demi kehidupan yang lebih baik.
So, jadi Vegetarian tidaklah merugikan. Justru banyak membawa manfaat yang besar.:)
Macam-macam dari Vegetarian (So, termasuk Vegetarian apakah anda??)
  1. Vegan adalah kelompok vegetarian yang anti makanan dan minuman yang mengandung hewani seperti orang islam yang anti makanan mengandung anjing dan babi. Kaum vegan tidak mengkonsumsi madu, royaljeli, yogurt, sarang burung walet, dan lain sebagainya.
  2. Vegetarian Ovo adalah jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi telur.
  3. Vegetarian Lacto adalah jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi susu. Vegetarian ini tidak makan bawang bombay dan bawang putih.
  4. Vegetarian Lacto-Ovo adalah jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi telur, susu dan produk olahannya seperti yoghurt, keju, butter milk, dan produk turunan susu & telur lain.
  5. Vegetarian Pesco adalah vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi ikan serta produk turunannya.
  6. Vegetarian Pollo adalah vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi makanan mengandung unggas seperti ayam, bebek, burung dara, dan sebagainya. Jenis vegetarian ini kadang sekali-kali makan daging-dagingan, unggas-unggasan, ikan-ikanan, dan makanan minuman hewani lain jika ada acara tertentu.
Fakta-fakta menarik tentang gizi-gizi pada bahan makanan dari tumbuhan (nabati) :
Kedelai mengandung protein 34 gram/100 gram kedelai, dengan berat yang sama jauh lebih tinggi dari daging sapi, ayam, ikan, telur yang hanya mengandung 9-25 % protein/100 gram daging atau telur?? Kadar kalsium pada agar-agar 400 mg, kedelai 226 mg, bahkan biji wijen 1160 mg kalsium/ 3,5 ons sedangkan susu sapi hanya mengandung 118 mg kalsium/3,5 ons. Selain itu semua daging hewan pasti mengandung asam lemak jenuh dan kolesterol yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia sedangkan protein dari nabati hanya mengandung asam lemak nabati yang baik bagi kesehatan manusia. Jadi kalau ada orang bilang, bahwa anak-anak kalau mau cepat besar dan pintar harus makan daging banyak-banyak, jelas itu merupakan kesalahan informasi yang harus diluruskan. (sebagian besar dikutip dari tulisan Drs. Susianto, MKM, Ketua Operasional Indonesia Vegetarian Society di info vegetarian dan www.ivs-online.org)

Manfaat yang bisa kita dapat menjadi Vegetarian :
  1. Tubuh menjadi lebih sehat dan segar. mencegah kanker, penuaan dini, dan terlindung dari radikal-radikal bebas. Adanya lemak jenuh pada bahan makanan hewani yang dapat memicu penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.
  2. Menyelamatkan Lingkungan dan Ekologi. Memelihara hewan demi dagingnya mempunyai resiko yang menyebabkan kerusakan hutan tropis, naiknya panas bumi, pencemaran air, kekurangan air, ketandusan, pemborosan sumber energi, dan kelaparan dunia. Penggunaan tanah, air, dan energi untuk menghasilkan daging bukanlah cara yang efisien. Faktanya sejak 1960, sekitar 25% dari hutan tropis di Amerika Tengah telah dibakar dan dilenyapkan untuk menciptakan lahan peternakan sapi. Diperkirakan bahwa setiap empat ons hamburger yang berasal dari sapi di hutan tropis memusnahkan 55 kaki persegi dari hutan hujan di negara tropis. Di samping itu, memelihara sapi adalah penyebab utama terciptanya tiga macam gas yang menyebabkan peningkatan panas bumi, penyebab utama polusi air, dan memerlukan jumlah air yang luar biasa yaitu 2.464 gallon untuk memproduksi setiap pon daging sapi. Hanya diperlukan 29 gallon air untuk menghasilkan satu pon tomat, dan 139 gallon air untuk menghasilkan satu pon roti gandum. Hampir separuh penggunaan air di Amerika Serikat dipakai untuk menghasilkan pakan sapi dan ternak lainnya. Data statistik semacam inilah menunjukkan, sumber alam dunia akan digunakan lebih efisien jika tanah peternakan diubah menjadi lahan pertanian untuk menghasilkan makanan bagi manusia.
  3. Mencegah kelaparan dunia. Fakta yang ditunjukkan hampir 1 milyar orang menderita kelaparan dan kekurangan gizi di planet ini. Lebih dari 40 juta orang meninggal karena kelaparan setiap tahun, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak. Walaupun demikian, lebih dari sepertiga panen gandum dunia yang seharusnya untuk manusia dipakai untuk pakan ternak. Di Amerika Serikat, ternak menghabiskan 70% dari semua hasil gandum. Jika kita berikan kepada manusia, tidak seorangpun akan kelaparan.
  4. Penderitaan binatang. Apakah Anda tahu bahwa lebih dari 100.000 ekor sapi disembelih setiap hari di Amerika Serikat? Kebanyakan hewan di negara barat dipelihara secara “industri peternakan”. Fasilitas-fasilitas dirancang untuk meningkatkan hasil ternak semaksimal mungkin dengan ongkos minimum. Hewan dikumpulkan bersama, sehingga bentuknya cacat dan diperlakukan seperti mesin untuk mengubah pakan menjadi daging. Ini merupakan kenyataan yang tidak pernah disaksikan oleh kebanyakan orang dengan mata sendiri. Ada yang berkata bahwa; “Sekali berkunjung ke rumah jagal akan membuat Anda menjadi vegetarian seumur hidup.” Leo Tolstoy mengatakan, “Selama ada rumah jagal, selalu akan ada medan perang. Diet vegetarian merupakan ujian perikemanusiaan”. Meskipun kebanyakan orang tidak secara aktif memaafkan pembunuhan, kita telah mengembangkan kebiasaan, didukung oleh masyarakat, makan daging secara rutin, tanpa disadari apa sebenarnya yang telah dilakukan terhadap hewan yang kita makan.
Manfaat inilah yang menjadikan seseorang menjadi vegetarian. Banyak Tokoh-tokoh terkenal dan paling berpengaruh di dunia yang merupakan Vegetarian antara lain :
Buddha Shakyamuni, Yesus Kristus, Virgil, Horace, Plato, Ovid, Petrach, Pythagoras, Socrates, William Shakespeare, Voltaire, Sir Isac Newton, Leonardo Da Vinci, Charles Darwin, Benjamin Franklin, Ralph Waldo Emerson, Henry David Thoreau, Emile Zola, Bertrand Russel, Richard Wagner, Percy Bysshe Shelley, H.G. Wells, Albert Einstein, Rabindranath Tagore, Leo Tolstoy, George Bernard Shaw, Mahatma Gandhi, Albert Schwitzer, Adolf Hitler, Kartini dan baru-baru ini seperti Paul Newman, Madonna, Lady Diana, Linsay Wagner, Paul McCartney (Pemain bass idola Q), dan Gwyneth Paltrow..(hanya sebagian kecil nama tokoh-tokoh yang disebut)
Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat bagi kita yang sadar akan bumi tercinta. Mengubah bumi menjadi lebih baik tidak lain dari hal yang terkecil dari kita. Menjaga kesehatan serta kesejahteraan dari seluruh penduduk dunia (termasuk melarang alkohol, obat-obatan terlarang, rokok, serta semua produk hewani di lingkungan kita) agar planet kita dapat segera menjadi planet yang sehat dan harmonis. Kalau bukan manusia, siapalagi yang menjaga bumi..SAVE OUR EARTH.:)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar