Jumat, 22 Juli 2011

MEMBANGKITKAN SEMANGAT DITENGAH LELAH BEKERJA :)

Wah, setumpuk tugas berada didepan mata, membutuhkan waktu yang lama dan saat ini belum selesai juga. Rasa kantuk dan malas pun menjadi dominan pada saat itu. Well, perlu cara agar bisa menghilangkan rasa-rasa negatif itu dan menumbuhkan semangat kembali. Buat para pelajar maupun pekerja keras perlu untuk menumbuhkan semangat ditengah lelah bekerja (biar cepet selesai tugas-tugasnya). Tapi mengembalikan semangat di tengah lelah bukan hal mudah. Tapi, tak ada salahnya mencoba trik memompa semangat berikut ini. Nah apa saja seh tipsnya (Check this) :
  1. Berdiri dan berjalan-jalan dibawah sinar matahari. Hal ini dikarenakan berdiri ataupun berjalan-jalan dibawah sinar matahari dapat menurunkan kadar melatonin, yaitu hormon yang berhubungan dengan rasa kantuk. Namun, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya ya. (Pengen hilang kantuknya namun tambah hitam..hehehe)
  2. Perbanyak minum air putih. Mengapa air putih??karena sebagian besar tubuh kita (sekitar 80% tubuh manusia) terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.
  3. Konsumsi sayur dan buah. Karena sayur dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin dan mineral,dan terdapat zat yang bekerja sebagai antioksidan. (So, kalau pengen wajah tetap terjaga /biar ga gampang keriput, banyak-banyak konsumsi sayur dan buah ya.."Umur boleh tua, asal wajah tetep muda"..hahahaha)
  4. Pilih makanan yang berprotein tinggi namun rendah lemak. Seperti telur rebus, maupun sandwich, karena makanan-makanan ini dapat diubah menjadi senyawa-senyawa penting yang dibutuhkan tubuh, dibandingkan makanan-makanan yang hanya membentuk lemak yang nantinya menghasilkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh (Wah banyak nih kasusnya, para mahasiswa yang sedang stress skripsi malah jadi gemuk..hahaha..seperti saya..hihihi).
  5. Renggangkan badan, berolah raga sejenak. Putar badan ke depan dan ke belakang sembari menarik napas dalam-dalam dan keluarkan. Ulangi selama dua menit. Berguna untuk merenggangkan otot-otot yang tegang saat kita mengerjakan tadi. (yang penting jangan "otot-otot" yang laen ya...tiiitttt...SENSOR..hahahaha).
  6. Gunakan aromatheraphy ditangan. Pilih yang beraroma menthol atau lemon (berfungsi untuk melegakan, memberi semangat, menyegarkan serta meningkatkan mood).
  7. Nikmati teh hangat. Minumlah secara rutin teh hangat disore hari. Cara ini adalah langkah yang baik untuk mengalahkan rasa malas, dan lesu dengan adanya sedikit 'ledakan' kafein, Anda pun akan merasa lebih tenang dan bersemangat lagi. (Tapi biasanya saya lebih suka mencampur teh dengan kopi, biar kafeinnya meledak-ledak. Tapi untuk anda, disesuaikan dengan selera dan kondisi anda).
  8. Cuci wajah dengan sabun khusus pencuci wajah. Selain membuat wajah anda kembali segar, wajah anda terbebas dari kotoran yang menempel (kalau bisa untuk anda yang Muslim berwudhulah..Udah saya coba nih gan.).
  9. Let's play your music. Mainkan Lagu-lagu yang kamu suka dengan beat-beat yang menghentak sambil menari mengikuti alunan musikmu. (Sekarang saya lagi suka sama lagu - lagunya MALIQ & D'ESSENTIALS dan juga AFGAN - Panah Asmara..brrrrrr..bikin semangat bangkit lagi).
  10. Refreshing dulu ahhh.. Liat video ini yah..hhhhhhmmm..


Now go change your short and get back to work..:)
Ok. sekian dulu tips-tipsnya. Sekarang lanjut lagi kerjakan tugas-tugas. SEMANGAT. AKU BISA..hahaha:D
Sumber : dari berbagai sumber-sumber yang menunjang (termasuk pengalaman pribadi saya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar